Bill Gates Ikut Ambil Peran Dalam Penelitian Mengubah Tinja Jadi Uap

Kebutuhan akan toilet yang bersih sangatlah penting, karena untuk kenyamanan baik itu toilet umum, maupun rumah. Jika membahas toilet rumah sendiri indonesia masih kurang kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan toiletnya sendiri di rumah.

Ilustrasi toilet sumber : lifestyle.kompas.com


Bukan di Indonesia saja, tetapi banyak negara berkembang yang masih kurang kesadarannya akan hal itu, karena dari masalah itulah perusahaan yang berasal dari Selandia Baru, membuat sebuah toilet yang mengubah tinja jadi uap.

Perusahaan itu bernama Scion dan didanai oleh yayasan swasta Bill & Melinda Gates Foundation (B&MGF atau Gates Foundation), yang dikelola oleh Bill Gates beserta istrinya Melinda Gates.

Cara kerjanya adalah tinja ditempatkan dibawah tekanan, dengan menambah oksigen dan dipanaskan hingga suhu 200 derajat celsius, kemudian proses ini mengubah karbon dioksida dan air, proses itu sendiri dinamakan oksidasi basah

Metode itu sebenarnya bukanlah hal yang baru, karena sebelumnya sudah digunakan di industri pertambangan dan pengolahan limbah, tapi Scion berharap metodenya ini bisa juga digunakan di rumah-rumah.

Menurut Daniel Gapes salah satu insinyur yang bertugas dalam proyek ini mengatakan "dengan adanya metode ini, kita bisa terbebas dari masalah, sehingga tak perlu menanganinya secara pribadi". ia juga menyebut "di sebagian besar negara berkembang, kedekatan antara penduduk dengan limbah merupakan resiko yang penyakitnya tinggi," Ujarnya.

Bill Gates sendiri, semenjak sudah tidak aktif lagi bekerja di Micorsoft, fokus untuk menangani masalah kemanusian yang ada di berbagai negara, sebelumnya juga ia berhasil membuat sebuah penelitian, dimana mengubah kotoran manusia menjadi air bersih mineral yang dapat diminum.

Lainnya : Bill Gates Ikut Ambil Peran Dalam Penelitian Mengubah Tinja Jadi Uap