Toilet Bukan Hanya Untuk Manusia, Hewan Ini Juga Butuh

Peternakan sapi di Belanda membuat sebuah penemuan baru untuk mengurangi emisi amonia yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Ilustrasi Sapi Sumber : edaily.co.ke


Penemuan itu adalah membuat toilet untuk sapi demi kebersihan lingkungan, karena urine yang dikumpulkan binatang mengandung senyawa dengan kandungan mampu merusak lingkungan.

Henk Hanskpam seorang penemu itu, meletakan bak makanan di depan sapi dan sebuah kotak di belakangnya. Setelah makan, dibantu dengan lengan robot yang menstimulasi saraf di dekat lambung sapi, kemudian membuat hewan itu ingin buang air kecil.

Menurut Jan Velema seorang dokter hewan sekaligus ikut dalam penelitian, kandang menjadi lebih bersih dan tanah menjadi lebih kering. Sebab, sapi tak akan buang air maupun kotoran di sembarang tempat.

Belanda sudah memberlakukan aturan yang lebih ketat tentang emisi amonia yang dapat menyebabkan polusi pada atmosfer dan mengiritasi mata pada manusia.

Emisi amonia sendiri adalah senyawa kimia dengan rumus NH3, biasanya senyawa ini berupa gas dengan bau tajam yang khas, dikarenakan mengumpulnya kumpulan urine binatang dalam jumlah cukup besar.

Sumber : Liputan6.com

Lainnya : Toilet Bukan Hanya Untuk Manusia, Hewan Ini Juga Butuh