Karena Perubahan Iklim, Gunung Denali Bisa Saja Terjadi Longsor Tinja

Gunung Denali merupakan gunung tertinggi ketiga di dunia setelah Everest dan Aconcagua, karena itu banyak para pendaki yang ingin menaklukan Denali, berjarak lima jam ke arah utara Anchorage, Alaska, Amerika Utara. Dengan puncaknya yang berada pada ketinggian 20.310 diatas permukaan laut.

Gunung Denali sumber : .alaskatrain.com


Tercatat ada 1.200 pendaki yang ingin mencapai puncak tiap tahunnya, dengan banyaknya pendaki menjadi suatu masalah. Dimana di masa depan, bisa saja terjadi longsor tinja ke permukaan dalam skala besar.

Terjadinya itu karena banyaknya tinja yang ditinggalkan oleh para pendaki, The National Park Service (NPS) mencatat ada 66 tinja ton yang ditinggalkan para pendaki, atau sekitar 2,2 ton setiap tahunnya, karena itu bisa saja terjadi longsor tinja.

Terjadinya Akibat Perubahan Iklim


Secara historis, tinja manusia ini akan terbuang ke lubang salju di sepanjang gletser Kahiltna, gunung Denali, diharapkan itu akan tertutup tanah penuh es, tapi kenyataannya berbeda karena gletser justru semakin mencair akibat perubahan iklim.

Menurut USA Today para perusahaan travel yang memandu para pendaki telah meminta pelancong untuk membawa kembali kotoran mereka, tetapi kotoran yang ditinggal oleh pendaki sebelumnya tetap menjadi masalah. Michael Loso, Glasiolog dari National Park Service mengungkap hasil penelitiannya bahwa kotoran yang dibuang pada akhirnya dapat muncul kembali di hilir dimana permukaan gletser mulai mencair.

Semakin cepatnya gletser mencair karena perubahan iklim, maka taman nasional Alaska telah kehilangan 8% lapisan esnya, sementara itu dari penelitian tahun lalu kenaikan suhu seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya setidaknya dalam 400 tahun terakhir.

Dari masalah itu orang yang ingin mendaki gunung Denali, akan diberi "kaleng gunung" yang berfungsi untuk menampung kotoran mereka, termasuk tinja toilet. Berat kaleng 6kg, ketika isi kaleng sudah penuh cuaca dingin di gunung akan membekukan kotoran dan bau tidak membekas.

Lainnya : Karena Perubahan Iklim, Gunung Denali Bisa Saja Terjadi Longsor Tinja