Mengetahui Hilangnya Sebuah Kota Dengan Cara Unik Menggunakan Tinja

Amerika Serikat merupakan negara terluas di dunia urutan keempat, tidak hanya itu negara ini pun di zaman sekarang sudah sangat maju, tidak terkecuali kota di zaman dulunya banyak yang maju termasuk kota Cahokia.

Tapi kota ini hanyalah sebuah kenangan, yang menjadi sejarah penting di Amerika Serikat karena kota ini sudah lama mati sebelumnya, hilangnya kota ini menjadi misterius apa penyebabnya kota ini menjadi seperti itu.

Kota Cahokia di zaman kini sumber : wikipedia.org/wiki/Cahokia

Tapi para peneliti berhasil mengungkap, penyebab kota yang dulunya terkenal pada tahun 1250 dengan julukan kota trendi ini menghilang, penelitian yang diterbitkan oleh Proceedings of The National Academy of Sciences of the United States of America.

Mereka mengetahuinya dengan cara unik, yaitu menggunakan molekul tinja manusia pada zaman itu, para peneliti membandingkan jumlah molekul tinja pada lapisan di salah satu danau yang ada di kota tersebut, ditemukan terjadinya kekeringan dan banjir di kota itu.

Penyebabnya Karena Banjir dan Kekeringan


Akibat banjr dan kekeringan, membuat para penduduk berpindah lokasi meninggalkan kota Cahokia, terjadinya begitu karena manusia pada zaman itu sering buang air besar di danau, tinja tersebut akan mengendap ke dasar danau dan menjadi saksi bisu catatan sejarah.

Metode penelitian menggunakan molekul tinja, selain mengetahui penyebabnya juga digunakan untuk mengetahui populasi penduduknya.

Kota Cahokia sendiri penduduknya merupakan orang asli Amerika pra-Columbus atau yang terjadi sebelum budaya eropa masuk ke Amerika.

Kini kota yang sudah tinggalkan penduduknya itu, menjadi taman bersejarah bukti peradaban kota itu dulu, dengan luas 890 hektare atau atau sekitar 3,5 mil persegi dan mengandung sekitar 80 anak bukit.


Lainnya : Mengetahui Hilangnya Sebuah Kota Dengan Cara Unik Menggunakan Tinja