Mengetahui Kesehatan Bisa Tahu Dari Warna Tinja

Tinja merupakan kotoran yang dicerna di dalam tubuh manusia dan keluar saat buang air besar, tentu kita semua tahu karena dari dalam tubuh, maka baunya tidak enak dicium dari situ ketika orang selesai membersihkan tinjanya, langsung keluar dari WC.

Ilustrasi tinja sumber : dokter.id

Tetapi ketika anda sedang BAB dan mengetahui tinja yang keluar bukan warna normal yaitu kuning kecoklatan, ada baiknya diperhatikan dulu warnanya apa, karena dari warna bisa mengetahui kondisi kesehatan kita sendiri, berikut penjelasannya.

1. Warna Hitam

Menununjukan adanya perdarahan pada saluran cerna bagian atas seperti perut, yang terjadi karena adanya perubahan kimiawi di dalam saluran cerna oleh enzin pencernaan.

2. Warna Merah

Menunjukan adanya darah segar pada tinja, yang disebut sebagai hematoskezia, dapat disebabkan oleh perdarahan saluran cerna bagian bawah (kanker, infeksi) atau hemeroid (wasir), darah bisa tampak melapisi tinja, bercampur dengan tinja, atau keluar tanpa disertai tinja sama sekali.

3. Warna Hijau

Ketika tinja melewati usus dengan cepat (diare), hanya ada sedikit waktu untuk bilirubin mengalami perubahan kimia dan tinja tetap berwarna hijau karena waktu transit yang cepat.

4. Tinja Pucat, Berbau dan Berminyak

Menununjukan adanya malabsrobsi lemak akibat penyakit pankreas (pankreatitis, kanker pankreas, cystic fibrosis). Paling sering disebabkan oleh penyakit hati (lever) seperti hepatitis atau sumbatan saluran empedu.


Selengkapnya bisa lihat disini : guesehat.com

Lainnya : Mengetahui Kesehatan Bisa Tahu Dari Warna Tinja