Sedang Mewabah, Kolam Renang di AS Terkontaminasi Tinja dan Menyebabkan Penyakit

Berenang merupakan kegiatan yang menyenangkan di air, apalagi di kolam renang yang ramai banyak pengunjung.

Ilustarsi orang sedang berenang sumber : nbcnews.com

Tetapi sebuah peringatan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, CDC baru saja dikeluarkan, karena sedang mewabah penyakit dari parasit Cryptosporidium atau biasa dikenal Crypto yang banyak ditemukan di berbagai tempat kolam renang di negara tersebut.

Parasit itu adalah, hidup dan tumbuh pada pencernaan manusia dan hewan lalu menyebar melalui tinja. Dari tahun 2009-2017 dilaporkan sudah ada 444 kali wabah Cryptosporidium menyebabkan 7.465 terkena penyakitnya, dari 156 di antaranya terjadi di kolam renang.

Efek Penyakitnya Lumayan Parah


Penyakit yang didapatkan dari parasit itu yakni akan mengalami gejala seperti kram, mual, dehidrasi, tinja berbentuk cair, demam, muntah, nafsu makan berkurang dan diare berminggu-minggu. Untuk diare efeknya akan lebih parah pada anak-anak, ibu hamil, atau orang dengan gangguan kekebalan tubuh.

Karena itu CDC menekankan orang tua untuk melarang anaknya berenang yang sedang terkena diare. Selain itu juga orang yang berenang berhati-hati tidak menelan air, anak-anak yang sakit harus dijauhkan dari sekolah atau penitipan anak, orang yang bersentuhan dengan binatang harus sering mencuci tangan, pakaian dan sepatu mereka.

Wabah itu semakin meningkat di Amerika Serikat, jadi ada baiknya untuk pencegahan, jika anda berenang di kolam renang berhati-hati agar tidak terkena parasit itu.

Lainnya : Sedang Mewabah, Kolam Renang di AS Terkontaminasi Tinja dan Menyebabkan Penyakit