Toilet Canggih di Masa Depan, Yang Langsung Mengubah Tinja Menjadi Pupuk

Sebuah inovasi toilet yang canggih akan datang di masa depan dimana tidak menggunakan septic tank, seperti kita ketahui toilet kebanyakan pada umumnya menggunakan septic tank untuk penampungan kotoran, tapi tidak dengan toilet ini.

Ilustrasi toilet sumber : himedik.com


Bill Gates miliarder AS sekaligus pendiri Microsoft, meluncurkan toilet futuristik untuk tempat pembuangan tidak menggunakan septic tank, melainkan secara langsung mengubah kotoran manusia menjadi pupuk menggunakan bahan kimia.

"Toilet saat ini hanya mengirim sampah ke dalam air, sedangkan toilet ini tidak memiliki saluran pembuangan, mereka mengambil cairan dan padatan serta melakukukan pekerjaan kimia di dalamnya termasuk membakarnya," ujarnya, untuk proyek ini Gates mengeluarkan biaya US$200 juta atau hampir 3 milliyar.

Gates berharap langkah berikutnya dia siap melemparkan toilet canggih ini ke produsen, sehingga semakin bisa dipakai untuk seluruh negara, perkiraannya jika toilet ini masuk produksi pada 2030 valuasinya bisa lebih US$ 6 miliyar.

Bill Gates Juga Membantu Proyek Toilet Lainnya


Dalam postingan admin sebelumnya Gates pun juga sudah membantu inovasi toilet, dimana mengubah toilet tinjanya menjadi uap, tapi ini bisa dibilang inovasi yang lebih bagus ketimbang itu, karena pupuk sendiri berguna untuk tanaman.

Didanai oleh yayasan yang didirikan Bill Gates bernama Bill and Melinda Gates Foundation, sama seperti proyek mengubah tinja menjadi uap. Tapi bedanya jika proyek ubah tinja menjadi uap hanya didanai oleh yayasan itu, dan pekerjaan dilakukan oleh perusahaan dari Selandia Baru bernama Scion, sementara proyek ini langsung dari Bill Gates, dan sekaligus didanai oleh yayasan miliknya.

Sumber : himedik.com dan viva.co.id

Lainnya : Toilet Canggih di Masa Depan, Yang Langsung Mengubah Tinja Menjadi Pupuk