Bagaimana Keadaan Tubuh Ketika Menahan BAB? Ini Penjelasannya

Menahan BAB merupakan hal yang harus dilakukan jika keadaan jauh dari toilet, tentunya dengan keadaan itu maka harus segera mencari toilet untuk segera BAB, karena jika kelamaan ada rasa tidak nyaman di dalam perut.

Ilustrasi sumber : dollarshaveclub.com

Menurut Dr Niket Sonpal, Asisten Profesor klinis di Tuoro College of Osteopathic Medicine di New York, Amerika Serikat, ketika rasa ingin BAB muncul, saat itulah tinja sudah menyentuh rektrum, sinyal yang berarti harus segera ke toilet untuk BAB.

"Sebenarnya menahan BAB bukan ide yang baik, walau kadang terpaksa kita lakukan," ujar Dr Niket Sonpal, ia pun juga mengasih tahu keadaan di dalam tubuh jika menahan BAB.

Dalam beberapa jam pertama, anda akan merasakan tekanan di perut, beberapa orang menggambarkannya seperti kram, perut seperti kembung, bergas dan untuk bergerak pun merasa tidak enak.

Jika menahan BAB sampai enam jam, tubuh mulai berdampak pada tinja yang belum dikeluarkan di sini, anda bisa merasa keinginan BAB mulai reda. Tapi ingat, itu bukan karena tinja sudah hilang, tapi justru mulai mengeras dan memicu terjadinya sembelit.

Jika waktu menahan hingga 12 jam anda akan kesulitan BAB, perut terlihat buncit dan ketika memegangnya perut tidak akan rata saat, itu pula makin mengeras di usus, ketika sedang BAB bisa saja mengalami pendarahan dan bahkan terjadi sobekan kecil di anus.

Lainnya : Bagaimana Keadaan Tubuh Ketika Menahan BAB? Ini Penjelasannya