4 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Anda Lebih Sering Buang Air Besar

Buang air besar merupakan hal yang normal dilakukan manusia, apabila jarang BAB biasanya karena adanya masalah pada kesehatan. Tapi jika sering BAB, anda jangan langsung berpikir kemungkinan ada masalah kesehatan di dalam tubuh.


Ilustrasi sumber : plus.kapanlagi.com

Dikutip dari detik.com yang didapat dari women's heatlth, seringnya BAB karena adanya masalah kesehatan dan ada juga karena hidup sehat yang dilakukan, berikut ulasannya.

Untuk hidup sehat, jika anda makan yang sehat kaya serat seperti sayur dan buah, maka kemungkinan untuk buang air besar lebih sering, yang disampaikan oleh Rudy Bedford, M.D., gastroenterologis di Providence Saint John's Health Center, Santa Monica, California, Amerika Serikat.

Sering olahraga juga membuat lebih sering buang air besar, karena dengan berolahraga meningkatkan kontraksi otot pada usus besar, sehingga bekerja dua kali lebih keras dari biasanya menurut Bedford, karena itu jika sembelit dokter menyarankan agar rajin olahraga.

Untuk adanya masalah kesehatan karena adanya infeksi perut, entah virus atau bakteri bisa jadi menginfeksi perut, sehingga membuat sering buang air besar, jika kondisi tetap tidak membaik dan membuat kotoran berdarah atau tidak padat lagi, segera periksalah diri ke dokter.

Iiritasi usus juga bisa menjadi penyebab hal itu, biasanya masalah ini terjadi pada wanita muda, ciri gangguan usus ini seperti adanya rasa sakit di perut, kembung, kram dan diare.

Lainnya : 4 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Anda Lebih Sering Buang Air Besar