Beberapa Hal ini Menjadi Penyebab Tinja Berbau Busuk

Tinja memang memiliki bau tak sedap dikarenakan oleh makanan yang dimakan dan bakteri yang ada di usus, namun pada beberapa orang tinjanya memiliki bau yang sangat tidak enak dihirup, padahal sudah disiram dengan bersih tetapi masih saja bau, karena itu alasan ini mungkin menjadi penyebabnya.

Ilustrasi sumber : kupang.tribunnews.com


1. Meminum Alkohol Terlalu Banyak


Meminum alkohol terlalu banyak dapat membuat tinja berbau busuk, karena kadar alkohol yang terlalu tinggi di dalam darah bisa memberikan efek negatif pada organ dalam, khususnya perut, usus besar dan usus kecil, disini alkohol akan memengaruhi kondisi dinding usus serta bakteri baik di dalam usus. Sehingga memicu kontradiksi perut, diare dan terjadinya perubahan aroma pada kotoran.

2. Makan-makanan Yang Berlemak


Makan olahan daging berlemak, bersantan dan juga kue-kue yang mengandung banyak mentega, maka wajar jika tinja berbau busuk. Tinja yang berbau busuk dan terlihat berminyak atau berlemak menandakan adanya gangguan pencernaan, terutama pada proses pencernaan lemak.

3. Terlalu Banyak Makan-makanan Yang Tinggi Gasnya


Banyaknya makanan dikonsumsi yang mengandung sulfur seperti daging, susu, bawang putih dan sayuran seperti brokoli dan kubis, usus akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan-makanan tersebut, di mana makanan itu menghasilkan lebih banyak gas yang membuat tinja berbau busuk.

4. Infeksi


Infeksi yang memengaruhi usus dapat membuat bau tinja menjadi busuk. Gastroenteritis, radang lambung dan usus bisa terjadi setelah makan makanan yang terkontaminasi dengan bakteri seperti Eschericia Coli atau Salmonella, virus dan parasit, setelah anda terinfeksi maka akan merasakan gejala seperti kram perut dan tinja berbau busuk.

Lainnya : Beberapa Hal ini Menjadi Penyebab Tinja Berbau Busuk