Dalam Tinja Manusia Ada Kandungan Berbahaya Yang Harus di Waspadai

Tinja dalam manusia selain bau tetapi terdapat juga kandungan berbahayanya, dikutip dari laman kompas.com, ada empat kandungan berbahaya dalam tinja manusia yang harus dihindarkan.

Ilustrasi sumber : idnportal.com

Yang pertama Mikroba, tinja manusia mengandung puluhan miliar mikroba, termasuk bakteri koli-tinja, sebagian diantaranya tergolong sebagai mikroba patogen, seperti bakteri salmonela typhi penyebab demam tifus, bakteri vibrio cholerae penyebab kolera, virus penyebab hepatitis A dan virus penyebab polio.

Yang kedua materi organik, tinja manusia merupakan sisi dan ampas makanan yang tidak tercerna, ia dapat berbentuk karbohidrat, dapat pula protein, enzim, lemak, mikroba dan sel-sel mati. Satu liter tinja mengandung materi organik yang setara dengan 200-300 mg BODS (kandungan bahan organik), banyak sungai di indonesia tercemar berat oleh materi organik dari buangan rumah penduduk, kandungan BODS yang tinggi itu mengakibatkan air mengeluarkan bau tak sedap dan berwarna kehitaman.

Yang ketiga telur cacing, seseorang yang cacingan akan mengeluarkan tinja yang mengandung telur-telur cacing, beragam cacing dapat dijumpai di dalam perut, sebut saja cacing cambuk, cacing gelang, cacing tambang dan keremi, satu gram tinja berisi ribuan telur cacing yang siap berkembang biak diperut orang lain.

Yang keempat nutrien, umumunya merupakan senyawa nitrogen (N) dan senyawa fosfor (P) yang dibawa sisa-sisa protein dan sel-sel mati, nitrogen keluar dalam bentuk senyawa amonium, sedangkan fosfor dalam bentuk fosfat, satu liter tinja manusia mengandung amonium sekitar 25 gram fosfat seberat 30 mg.

Senyawa nutrien memacu pertumbuhan ganggang (algae), akibatnya warna air menjadi hijau, ganggang menghabiskan oksigen dalam air sehingga ikan dan hewan lainnya mati.

Lainnya : Dalam Tinja Manusia Ada Kandungan Berbahaya Yang Harus di Waspadai