Fakta Tentang Buang Air Besar Yang Mungkin Tidak Ketahui Oleh Banyak Orang

Buang Air Besar tidak sekedar hanya mengeluarkan tinja saja tetapi ada kaitannya juga dengan masalah kesehatan, berikut beberapa fakta seputar BAB.

Ilustrasi sumber : viva.co.id

1. BAB sehari sekali, tidak ada aturannya


"Rata-rata seseorang pergi buang air besar satu hingga dua kali dalam sehari," ujar ahli pencernaan Felice Schnoll-Sussman juga Direktur Jay Monahan Center, sebuah pusat kesehatan pencernaan di New York, Amerika Serikat. "Namun, ada juga yang tidak buang air besar sama sekali dalam sehari, dua, hingga tiga hari," tambahnya, menurutnya selama BAB lancar-lancar saja dan perut tidak merasakan sakit berarti tidak masalah.

Jika kebiasaan BAB berubah menjadi tiga hingga empat hari sekali, itu bisa saja karena perubahan pola makan, perubahan itu suatu hal baik contohnya penamabahan serat dalam tubuh, tetapi jika merasa sakit dan terus berkelanjutan, maka harus berkonsultasi pada dokter.

2. Sering mulas tidak juga buruk


Jika sehabis makan dan selalu merasa ingin BAB, itu bukan karena sistem pencernaan yang bagus melainkan saluran pencernaan kurang berkembang "Buang Air Besar tepat setelah makan adalah sama sekali reflek seorang bayi," ujar Lisa Ganjhu, seorang ahli osteopathic, profesor Langone Medical Center.

Schnoll-Sussman mengatakan jika yang terjadi adalah setelah makan tiba-tiba mules dan tidak bisa ditahan, lalu saat keluar berair, mengapung dan baunya menyengat, berarti anda sedang dalam masalah.

3. Minum kopi membuat BAB


Menurut Ganjhu meminum kopi khususnya di pagi hari membuat orang ingin BAB "Bukan hal aneh jika orang minum kopi di pagi hari kemudian langsung BAB," ujarnya.

4. Menstruasi membuat sering BAB


Menurut Ganjhu ini terjadi dan terkait dengan hormon, para ilmuan menyatakan bahwa dalam periode datang bulan, tubuh seorang wanita akan melepaskan hormon prostaglandin dan memicu rahim sehingga berkontraksi. Lalu, kontraksi tersebut menular ke organ-organ pencernaan sehingga mulas pun datang.

Lebih lengkapnya di hellosehat.com

Lainnya : Fakta Tentang Buang Air Besar Yang Mungkin Tidak Ketahui Oleh Banyak Orang