Mengandung Bakteri Sehat, Tinja Pada Bayi Dapat Membantu Pencernaan Lebih Baik

Sebuah penelitian pada Agustus 2018 lalu yang menjelaskan kotoran bayi ternyata ada manfaatnya, studi itu datang dari sekolah kedokteran bernama Wake Forest School of Medicine, dari Wake Forest University di Winston-Salem, Carolina Utara, Amerika Serikat.

Ilustrasi sumber : haibunda.com

Kotoran bayi itu akan menghasilkan sumber potensial mikroba yang dapat membantu pencernaan lebih sehat, para peneliti Wake Forest School of Medicine telah mengembangkan minuman probiotik yang berasal dari galur bakteri usus yang ditemukan pada tinja bayi, minuman probiotik ini dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi asam lemak rantai pendek (SCFA).

"Orang dengan diabetes, obestitas, gangguan auotimun dan kanker umumnya memiliki lebih sedikit asam lemak rantai pendek, meningkatkan asam lemak ini dapat membantu dalam mempertahankan atau bahkan memulihkan lingkungan usus yang normal dan semoga juga meningkatkan kesehatan," ujar Hariom Yadav peneliti dari Wake Forest School of Medicine.

"Kotoran bayi dipilih lantaran bayi biasanya cukup sehat dan jelas tidak menderita penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti diabetes dan kanker," tambahnya.

Dalam penelitian tersebut Yadav bersama timnya mengumpulkan sampel tinja dari popok 34 bayi sehat, kemudian mereka mengisolasi 10 galur bakteri yang terdiri dari lima spesies bakteri Lactobacillus dan lima spesies Enterococcus.

10 galur bakteri itu digunakan untuk mengidentifikasi kandidat galur terbaik yang dapat bertahan hidup dalam usus manusia dan merangsang produksi SCFA.

"Pekerjaan ini memberikan bukti bahwa probiotik asal manusia dapat dimanfaatkan sebagai perawatan untuk penyakit manusia yang terkait dengan ketidakseimbangan mikrobiom usus dan penurunan produksi SCFA dalam usus," ujar Yadav.

Namun tentu penelitian ini masih panjang sebelum dipasarkan ke toko-toko seluruh dunia "Selain itu data kami harus berguna untuk studi masa depan yang bertujuan untuk menyelidiki pengaruh probotik pada mikrobioma manusia, metabolisme dan penyakit terkait," tambahnya.

Lainnya : Mengandung Bakteri Sehat, Tinja Pada Bayi Dapat Membantu Pencernaan Lebih Baik