Ternyata Miliaran Makhluk Hidup Tumbuh dan Berkembang di Dalam Tinja Manusia

Tinja manusia  yang dikeluarkan dari dalam usus bukanlah sebuah sel mati, sebuah penelitian yang dikutip dari laman theconversation.com menyebutkan, jika tinja manusia terdapat miliaran mikroba yang masih hidup.

Ilustrasi sumber : microsteamturbine.wordpress.com

Tinja mengandung 75 persen air yang jumlahnya berbeda setiap orangnya, tergantung pola makan yang dikonsumsi, orang yang sering makan buah-buahan dan sayuran dalam tinjanya mengandung air yang lebih tinggi, sebaliknya mereka yang sedikit makan buah dan sayur air di tinjanya lebih rendah.

25 persen sisanya dari zat padat, kebanyakan dari zat tersebut terdiri materi organik (berkaitan dengan materi hidup), sebagian kecilnya terdiri dari anorganik seperti kalsium dan fosfat besi serta elemen kering dari cairan pencernaan, sekitar 25-24 persen dari materi organik hidup miliaran makhluk hidup dari mikroba seperti bakteri dan virus.

Hampir 50 persen bakteri hidup dalam tinja manusia, berbagai jenis bakteri yang ada dalam tinja dapat mempengaruhi seberapa keras atau tidaknya sampel tinja yang dihasilkan, misalnya bakteri prevotella yang dapat ditemukan di mulut, vagina dan usus, lebih sering terlihat pada mereka yang memiliki tinja lunak, sementara bakteri ruminococcaceae yang merupakan mikroba usus umum dapat memecah karbohidrat kompleks, menghasilkan tinja yang lebih keras.

Sementara virus, diperkirakan ada 100 juta hingga 1 miliar per gram dalam tinja basah sebagian besar manusia, jumlah ini dapat berubah ketika orang memiliki penyakit infeksi usus, seperti pada infeksi norovirus di mana ditemukan lebih dari satu triliun virus per satu gram tinja.

Lainnya : Ternyata Miliaran Makhluk Hidup Tumbuh dan Berkembang di Dalam Tinja Manusia