Di India Sampah Botol Plastik Dijadikan Sebagai Toilet Umum

Sampah plastik masih menjadi masalah di berbagai dunia karena membutuhkan waktu lama untuk bisa terurai, di berbagai negara melakukan banyak cara agar bisa mengatasi masalah itu.

Toilet umum berbahan sampah botol plastik sekali pakai sumber : medan.tribunnews.com

Salah satu cara datang dari pendiri organisasi BasicShit bernama Ashwani dari India, ia membuat ide cemerlang dengan membuat ribuan sampah botol plastik menjadi bahan berguna untuk di sulap menjadi toilet umum.

Hampir setengah dekade yang lalu Ashwani mendirikan organisasi BasicShit bertujuan untuk memecahkan masalah sanitasi dengan menciptakan urinal publik yang inovatif di seluruh kota di India.

Dan terbaru BasicShit membuat inovasi toilet umum berbahan sampah botol plastik yang ramah lingkungan dan diberi nama "PeePee" dengan menggunakan sekitar 9000 botol plastik sekali pakai.

Toilet tersebut cukup praktis karena tidak memerlukan air untuk dibersihkan dan juga tidak berbau, Ashwani membuat ide itu karena mempelajari berbagai macam toilet umum di berbagai negara.

Dia menulis beberapa penelitian dan studi kasus tentang bagaimana toilet umum memengaruhi kesehatan di wilayah perkotaan, ia pun memulai penelitian dengan berbagai macam jenis desain urinoir di seluruh negeri.

Dananya ia dapatkan dengan hibah dari Asian Development Bank dan uang pribadi serta di dukung oleh banyak orang.

Selain mendaur ulang plastik sekali pakai, inovasi ini juga bertujuan untuk mengurangi kebiasaan orang buang air sembarangan yang masih menjadi masalah di India.

Lainnya : Di India Sampah Botol Plastik Dijadikan Sebagai Toilet Umum