Sedang Menggali Septic Tank, Warga Blora Menemukan Fosil Paus Purba

Seorang warga asal RT 06 RW 01, Desa Kapuan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menemukan fosil paus purba yang diperkirakan berusia kurang lebih 700 ribu tahun.

Temuan fosil paus purba di Blora sumber : liputan6.com

Menurut Kepala Seksi (kasi) Sejarah dan Purbakala Eka Wahyu Hidayat, penemuan fosil tersebut didapatkan warga ketika sedang menggali lubang septic tank pada WC.

Ia menceritakan ditemukannya fosil itu saat menggali septic tank pada kedalaman kurang lebih 150 meter, "Ada warga yang sedang membuat septic tank dan melaporkan kepada kami setelah menemukan semacam tulang," ujar Wahyu.

Penemuan fosil tersebut dilaporkan oleh seorang warga setempat kepada Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) "Iya laporan awalnya dari warga Cepu bernama Joko Purmono, lalu kami tindak lanjuti," ujar staf Seksi Sejarah dan Purbakala Lukman Wijayanto, Jumat 23 Agustus 2019.

Proses evakuasi penemuan fosil tersebut dilakukan selama dua hari oleh tim gabungan dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, bersama Dinporabudbar Blora.

Menurut staff perlindungan BPMSP Sangiran, Albertus Niko, temuan tersebut merupakan fosil paus purba (Cetacea), "Identitas awal kami, fosil tersebut setelah dibersihkan sejenis hewan mamalia paus," ujarnya.

Mendengar keterangan hasil identifikasi awal dari tim observasi BPMP Sangiran, Wahyu merasa senang atas temuan fosil mamalia paus purba di Blora ini.

"Senang, seperti yang dikatakan tim observasi dari Sangiran ini merupakan temuan yang spektakuler dan hampir tidak percaya di Blora ada mamalia paus," ujarnya.

Sumber : liputan6.com

Lainnya : Sedang Menggali Septic Tank, Warga Blora Menemukan Fosil Paus Purba