Wisata Batik di Solo Sudah Ada Fasilitas Toilet Membuat Wisatawan Nyaman

Toilet menjadi salah satu fasilitis penting di tempat wisata apalagi yang banyak dari negara luar tentu perlu diprioritaskan tempat dan kebersihan toilet, kampung batik Laweyan menjadi bukti nyata sadar akan pentingnya fasilitas itu.

Kampung batik Laweyan sumber : bonvoyagejogja.com

Kampung batik Laweyan merupakan pusat batik tertua yang terkenal di kota Solo, menjadi tempat favorit dari turis lokal maupun mancanegara, sebelumnya di tempat itu minim fasilitas toilet sehingga membuat wisatawan yang berkunjung sulit untuk ke toilet.

"Kadang belum selesai belanja sudah keburu ingin buang air kecil. Kadang wisatawan sungkan kalau pinjam toilet ke pedagang, masjid atau mushola di sekitar sini," Ujar Pelaksana Tugas Kelurahan Laweyan Djoko Subagjo.

Djoko Subagjo mengatakan untuk membuat toilet mengeluarkan biaya Rp. 178 juta dari anggaran kelurahan setempat, membuat wisatawan yang berkunjung semakin nyaman.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan berharap masyarakat bisa ikut memelihara fungi dan kebersihan toilet "Toiletnya dijaga karena dimanfaatkan banyak wisatawan. Di daerah wisata itu, fasilitas harus lengkap, salah satunya dengan keberadaan toilet, yang penting harus bersih, mari tingkatkan budaya gotong royong untuk memiliki dan merawat fasilitas bersama," ujar Hasta.

Lainnya : Wisata Batik di Solo Sudah Ada Fasilitas Toilet Membuat Wisatawan Nyaman